Monday, November 10, 2014

Diguyur Hujan, Jalan Raya Sarangan Longsor

Magetan, jejakkasus.com- Jalan Raya Magetan-Sarangan di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, longsor setelah diguyur hujan deras selama beberapa jam dalam dua hari terakhir ini. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.
“Kejadian longsornya pada sore tadi. Diperkirakan panjang jalan bertebing yang longsor dan ambles mencapai 20 meter,” ujar warga setempat, Parmin, Senin (10/11/2014).
Menurut dia, hujan deras yang mengguyur selama dua hari terakhir membuat tebing jalan yang selama ini kering dan merekah tidak mampu menahan air, sehingga longsor. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.
Akibat peristiwa itu, hampir setengah badan jalan ambrol. Kondisi itu membuat arus lalu lintas di Jalan Raya Magetan-Sarangan yang juga merupakan jalan tembus Magetan-Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, mengalami gangguan.
Warga sekitar terpaksa memasang sejumlah tong di tengah jalan guna menandai para pengemudi bahwa jalan mengalami longsor atau ambrol. Sehingga tidak jatuh korban akibat jalan yang longsor dan ambles tersebut. Bahkan material longsoran juga merusak sekumlah lahan pertanian milik warga setempat.
“Banyak tanaman pertanian milik warga yang rusak akibat tertimbun material tanah dan batu. Untungnya saat longsor terjadi tidak ada petani yang bekerja di lahannya,” kata Parmin.
Pihaknya memperkirakan, longsornya jalan tersebut akan terus melebar sebab di sejumlah titik jalan sekitar telah terjadi retakan. Jika tidak segera diperbaiki, dimungkinkan longsor susulan akan terjadi saat hujan deras kembali melanda kawasan setempat.

0 comments: