Tuesday, November 11, 2014

Karyawan Pabrik Sandal PD. ZANDILAC Sidoarjo Butuh Keadilan



Sidoarjo, www.jejakkasus.info- Kurang lebih 150 orang karyawan SPG / Sales Perusahaan Sandal PD. Zandilac/Karunia yang beralamat pabrik di jln. Raya Krian Km.23 Desa Sidorejo kabupaten sidoarjo mencari keadilan, pasalnya status 150 pekerja ini digantung oleh pemilik dan manager perusahaan.
Dibawah terik matahari yang sangat menyengat 150 orang yang berstatus karyawan tetap PD. ZANDILAC  ini mengadakan demo di depan pabrik (23/10), mereka (para karyawan, red) meminta kejelasan dan menuntut gaji yang satu ( 1 ) bulan belum terbayar, dalam orasi para pendemo juga meminta kejelasan kepada pihak perusahaan pasalnya, menurut para pendemo mereka (150 orang) hendak di mutasi oleh pihak perusahaan ke luar pulau namun sudah satu (1) bulan lebih belum juga ada kejelasan dan karyawan juga tidak di pekerjakan.
Menurut  salah satu koordinator pendemo  ADK (bukan nama sebenarnya, red) dari 150 orang lebih yang hendak di mutasi ke luar pulau ini meminta kebijakan dari perusahaan sebab menurut mereka dengan penghasilan yang tetap UMR sebesar Rp. 2.190.000,- per bulan, mereka (karyawan yang domutasi, red) tidak akn bisa hidup di luar pulau  “ Piye mas aku bingung, mosok sak wulan lebih cuman budal mulih ke pabrik ora dibayar, jare arep di pindah tapi ora jelas trus statuse konco-konco iki piye (gimana mas kita semua ini bingung, sudah satu bulan lebih kita tidak dibayar dan katanya kita mau di pindah ke luar pula tapi tidak jelas, terus gimana mas tidak jelas status teman-teman ini)”
Lebih lanjut Team Khusus Jejak Kasus hendak menemui pimpinan atau manager perusahaan Ali Gunawan atau Stevanus (manager) namun menurut keterangan dari Satpam pabrik tidak ada di tempat, dan dengan kejadian ini 2 sarekat pekerja yaitu  SBM (Sarekat Buruh Madani) dan SPN (Sarekat Pekerja Nasional) tidak bisa berbuat banyak atas kebijakan pemilik dan Manager PD. ZANDILAC yang dirasakan para pekerja kebijakan yang seenak perutnya sendiri tanpa mempertimbangkan aspek sosial dan ekonomi para pekerja, timsus Jejak Kasus Radar Bangsa akan mengawal persoalan tenaga kerja ini sampai tuntas.  ( Timsus JK )

0 comments: