Thursday, October 9, 2014

Pasar PDS Cakarayam Mojokerto Dilalap Si Jago Merah



MOJOKERTO, www.jejakkasus.info- Telah terjadi kebakaran di pasar PDS Cakarayam / pasar loak Cakarayam tadi siang sekitar pukul 15.00 Wib. Kronologi kebakaran terjadi karena salah satu warga yg berada di kebon belakang pasar sedang membakar sampah yang tanpa disengaja merembet ke pohon pisang kering yang selanjutnya mengenai kios pedagang pasar PDS Cakarayam tepat berada disampingnya.
Yang menjadi korban si Jago merah, ialah Kios berjumlah 80 bedak di Pasar Loak Cakarayam, di jalan Prapanca Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto luluh lantak dilahap api dalam insiden kebakaran yang terjadi
Tidak ada korban jiwa akibat terbakarnya pasar yang berhimpitan dengan gedung SDN Mentikan 4 tersebut, namun kerugian di bedak aneka onderil sepeda motor dan mobil, juga jasa cat sepeda dan mobil ini diperkirakan tak kurang dari satu miliar rupiah. 

Belum diketahui pasti biang terjadikan kebakaran yang menghanguskan puluhan bedak semi permanen di empat los di pasar loak terbesar di Kota Mojokerto tersebut. 

Sebanyak tujuh mobil pemadam kebakaran (damkar) diturunkan untuk menjinakkan si jago merah. Bahkan, hingga petang ini petugas damkar masih terus melakukan pembasahan karena percikan api di bedak-bedak yang sarat bahan yang mudah terbakar masih terus muncul. 

Sapari, salah satu pemilik bedak mengaku mengetahui jika terjadi kebakaran saat dirinya tengah berkemas-kemas menutup bedaknya. Tiba-tiba saja dari bagian belakang bedak muncul kobaran api, beberapa pedagang pun gotong royong untuk memadamkan api dengan menyiramkan air dan pasir. Namun upaya itu tak membuahkan hasil. Karena kecepatan api melewati upaya pemadaman yang dilakukan pedagang. Jago Api terus membesar dan menjilati barang barang dagangan/ antara lain bedak-bedak yang tertutup oleh kayu dan seng.

Lanjut’ sekitar setengah jam kemudian Nampak satu persatu membawa unit mobil damkar dari Dinas PU Kota Mojokerto, Damkar Pemkab Mojokerto, dan Damkar Gama, PT Tjiwi Kimia mulai turun melakukan pemadaman. Si Jago Merah (Api) berhasil dijinakkan satu jam kemudian. 

“Barang barang, bedak dan lain lain yang terbakar sebanyak 86 yang berada di empat los,” kata Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Wiji Suwartini di lokasi kejadian. 

Selain melahap puluhan barang bedak, Sijago merah (api) merambah ke sebagian bangunan gedung milik SDN Mentikan IV Mojokerto. 
Belum diketahui pasti penyebab sijago merah melalap Toko kosmetik (bedak), kebakaran.  Informasi yang di gali wartawan Herry, biang lalanya sijago merah berasal dari bagian belakang. Dan diduga kuat, ada unsur kesengajaan orang yang tidak bertanggung jawab, sengaja membakar sampah  di bagian belakang hingga memercikkan raja api yang terus menjilat took bedak. direkomendasikan www.jejakkasus.info.

0 comments: